30/07/17

Pengenalan Komputer


Nama komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang bearti menghitung. Diberi nama
demikian karena pada mulanya komputer memang dipergunakan untuk keperluan menghitung.

A. Sejarah Komputer
Pada 300 tahun SM, komputer masih berupa abaccus atau yang lebih kita kenal dengan sebutan sempoa. Sempoa berasal dari negara cina. Abaccus memungkinkan manusia melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang pada masa itu menggunakan abaccus untuk mempermudahkan menghitung transaksi jual beli. Seiring dengan perkembangan jaman, penggunaan alat hitung tradisional ini mulai ditinggalkan. Kemudian pada tahun 1642, Blaise Pascal menciptakan sebuah alat hitung yang diberi nama Pascaline. Alat ini digerakkan oleh roda-roda mekanik agar memudahkan penggunaannya.

Pada tahun 1821, Charles Babbage, mengembangkan berbagai macam mesin penghitung. Dua tahun kemudian, beliau dianggap sebagai pelopor teori komputer karena berhasil menciptakan Analytical Machine, sebuah perangkat yang bisa melakukan perhitungan data dengan menggunakan kartu berlubang sebagai alat penyimpanannya.

Sejak saat itu, komputer terus mengalami perkembangan. Komputer tidak hanya digunakan sebagai alat berhitung, tetapi dipergunakan pula untuk keperluan lainnya. Ukurannya masih sangat besar karena pada waktu itu masih menggunakan tabung vacum dan silinder magnetik untuk menyimpan data, seperti Mark I buatan Howard H.Aiken dan ENIAC (Elektronic Numerikal Integrator and Computer) yang dibuat oleh Dr. John Mauchly dan J.Presper Eckert.

Pada tahun 1940, John von Neumann mengembangkan model komputer yang sangat mendasar dan prinsip kerjanya masih digunakan sampai saat ini, Seperti penggunaan CPU, penyimpanan data, penyimpanan memori untuk proses kerja komputer pelopor komputer (RAM), dan lain sbg. Berkat penemuannya ini, Neumann dianggap sebagai pelopor komputer modern pada generasi yang pertama. Dalam perkembangan selanjutnya, penemuan Transistor pada tahun 1948 sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum sehingga ukuran komputer generasi kedua ini pun semakin kecil. Salah satu contoh penting komputer masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas dikalangan industri seperti CERN.

Pada tahun 1958, Jack Kilby mengembangkan IC (intergrated circuit) sebagai pengganti transistor yang terlalu banyak menghasilkan panas. Para ilmuwan memasukan banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil, karena komponen-komponennya dapat didapatkan dalam sebuah chip. Inilah masa kejayaan bagi komputer generasi ketiga.

Komputer generasi keempat lahir sejak diperkenalkannya LSI (Large Scale Intergration) yang dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. pada tahun 1980-an, VLSI (Very Large Scale Intergration) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan PC (Personal Computer) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, mulai dari komputer yang berada di atas meja (destop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), sehingga komputer dapat digenggam (palmtop) atau dalam istilah sekarang Smartphone (Ponsel pintar) atau sering disebut HP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak atau komentar anda disini.